Balon Nitrogen

Standard

Dalam hidup, kita berpapasan dengan banyak orang. Sebagian diantaranya menitipkan mimpi mereka dalam sebuah balon nitrogen. Menggelembung penuh, untuk diterbangkan jauh.

Kata mereka mimpi-mimpi ini suatu kali akan menyentuh awan. Mereka percaya, lebar jarak antara tanah dan langit itu selebar keyakinan, kekuatan harapan, dan pantang menyerahnya usaha. Orang-orang dengan kepala dan hati yang penuh mimpi. Orang-orang yang menyerahkan angan pada balon gas dan membiarkan mengudara. Lepas hingga tak nampak dari tempat mereka berpijak.

Aku ingin bilang. Cerita balon gas hebat sekali di telingaku kedengaran. Meski aku punya sebagian hati yang melihat, bahwa balon gas tak selamanya asosiasi yang ideal dan tepat. Acapkali mimpi butuh kaki. Butuh pijakan yang jelas. Butuh tangga untuk sampai di level selanjutnya. Butuh diinisiasi, tapi juga butuh  motivasi dan tujuan tegas  bukan ilusi.

Maka biarlah. Sebagian mimpi berdesakan dalam satu dua balon nitrogen yang terbang ke udara. Dalam lampion merah yang dibakan oranye ketika imlek. Biar direngkuh angin dan dipecahkan bersama hujan dan pelangi. Aku titip salam buat awan dan bintang.

Dan pun marilah. Sebagian mimpi yang lain, yang lebih mudah  diberi kaki, kita beri kaki. Agar berpijak pada bumi dan naik setangga demi setangga menuju level yang lebih tinggi. Meski bukan awan atau matahari. Meski hanya menjangkau hingga setinggi beberapa lantai, itu pun tidak apa. Karena mimpi-mimpi itu beragam sekali wujudnya. Dan tak melulu sama cara untuk mencapainya. Sebagian hadir untuk diupayakan. Sebagian diilhamkan untuk diwujudkan. Dan sebagian lagi, mungkin, hanyalah sebuah cara bagi manusia, untuk berdialog dengan harapan.

 

06.07 WIB

Senin, 19 Februari 2017

Anggun Nadia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s