Construct – Deconstruct – Reconstruct

Standard

Cerita ini terinspirasi penuh oleh episode gagalnya haircut. Nggak sepenuhnya gagal sih, cuman semacam agak kurang puas aja. Dua malam berikutnya seorang teman kosan mengomentari potongan rambut anak-anak lantaiku (yang kebetulan baru pada potong rambut di waktu dan kesempatan yang beda). Dia bilang dia juga ingin potong rambut lantaran rambutnya sedang bermasalah. Kubilang, “potong aja mba, terus diurus lagi dari awal.” Agar membaik pertumbuhan rambut itu ke depannya.

Ini cuma beranda, bukan ini inti ceritanya.

Kadang lucu memang, pikiran kita melompat-lompat. Lompatan yang tak selamanya random.  Acapkali itu malah lompatan yang mengantar kita memikirkan hal penting di balik kejadian yang tidak begitu penting.

Kali itu, pikiranku melompat dari soal haircut menuju frase construct – deconstruct – reconstruct. Masuk kamar, kututup pintu, dan mulailah pikiranku berhambur. construct – deconstruct – reconstruct, kita tercipta untuk mengalaminya berkali-kali. Acapkali kejatuhan kita, kegagalan, rusaknya rencana, adalah tanda awal untuk mengubah arah rencana. Dan tak jarang pula, perubahan itu melibatkan proses dekonstruksi yang menyesakkan hati.

Bukan soal rambut tentu, banyak episode hidup yang menuntut kita untuk mendekonstruksi mimpi, dekonstruksi isi hati dan cara pandang ini, dekonstruksi kebiasaan dan rutinitas kita. Dekonstruksi atas hal yang tak nyaman, maupun hal yang membuat kita nyaman. Hal-hal yang sebagiannya kita awali dengan konstruksi setengah mati, meski tak semua, karena sebagian konstruksi memang terwujud setengah hati. Apapun itu. Tapi  begitu nampaknya prosesnya, berkali-kali. Dibangun, untuk dihancurkan pada suatu kali, untuk kemudian diperbaiki dan dibangun kembali. Mungkin untuk hancur lagi nanti.

Di atas tanah yang membara, kehidupan baru tumbuh dan mendapati udara.

 

16 Januari 2018

09.33 WIB

Anggun Nadia Fatimah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s