Sebuah Perspektif tentang Kehilangan (II)

Standard

Suatu kali yang lain, Tembang, nama tokoh kita di bagian pertama ceritera ini, memberi saya pelajaran lain soal kehilangan.

Belum seminggu dari momen ‘kehilangan’ ponsel, Tembang ‘kehilangan’ uang 20ribu. Nominalnya memang tak seberapa. Tapi tetap saja rasanya ‘arrggghhh’ =,)

Aku sedang berjalan bersamanya siang itu. Pulang dari sebuah tempat makan. Meski hanya 20ribu dan meski Tembang pun memilih tak meributkannya, buatku pribadi 20ribu tetap lebih enak jika digunakan untuk membeli es krim ketimbang hilang tak tentu rimbanya begitu. Apalagi sang (mantan) empunya lembaran juga baru-baru ini kehilangan handphone-nya.

 

Aku melihatnya menarik napas, dan aku memilih untuk tak banyak cakap.

Tembang melirikku sekilas lengkap dengan senyum tipisnya yang khas, mengembang tepat ketika ia berusaha memberi pemakluman atas hal-hal sulit dalam hidupnya.  Mungkin dalam ruang imajinya, hembusan nafas barusan bermakna, ‘ayolah dear,,,’, merayu dirinya sendiri.

 

“kau tau? Aku sedang berusaha menikmati ‘kehilangan2’ ini,” ucapnya dalam langgam yang kubuat telenovela sejadi-jadinya.

Aku meliriknya, membalas senyum tipis dengan senyum tipis yang tak seringan miliknya.

Dia melanjutkan, “mungkin aku melakukan kesalahan, dan Tuhan ingin dosaku terbuang dengan memberiku lebih banyak rasa hilang.”

“atau dalam prasangka yang agak sedikit berbeda, mungkin Tuhan ingin memberiku lebih banyak kesempatan untuk bisa meminta dan kemudian mendapatkan yang lebih baik dari sisiNya. Mungkin Tuhan mengambil lebih banyak, untuk mengajari aku satu bab lagi soal ‘berharap.”

Kita tidak bisa menentukan dan atau memastikan apa yang akan kita hadapi. Tapi soal sikap dan pandangan, setidaknya kita punya pilihan. Dan buatku, Tembang menggunakan pilihannya dengan bijak dalam dua kehilangan yang menimpanya baru-baru ini.

 

“Allah itu dekat. Dan Ia sesuai dengan persangkaan hamba-hambaNya.”

 

Lt. 2 Rafflesia , kamar 20

13.02 WIB

Anggun Nadia Fatimah

 

Leave a Reply

