Yang Berpengetahuan dan Yang Pintar

Standard

Adalah suatu hari aku berkunjung ke kosan seorang teman. Bla dan bla, sampailah kami pada sesi tentang mekanisme coba-coba ala si teman. Dia menggunakan minyak kayu putih sampai lotion anti nyamuk untuk membersihkan gunting yang lengket akibat double tape dan sejenisnya. Juga untuk menghapus merek di sepatunya. Juga untuk membersihkan perkakas laptop. Layar ditutup.

Adalah suatu kali yang lain aku duduk bertiga dengan seorang wanita dan seorang pria, malam-malam di tepian jalan. Aku yang norak ini cerita tentang temanku yang mendapati manfaat praktis lain dari minyak-minyakan dan lotion-lotionan di kamarnya itu. Yang pria menanggapi, ‘ah, itu reaksinya (kimia) bisa diitung.’ layar ditutup.

 

Pernah nonton 3 idiots?

Pembeda antara mereka yang berpengetahuan dengan mereka yang pintar mungkin (-dalam ekstraksi pribadi saya) terletak pada kemampuan menerapkan apa yang diketahuinya dan membuatnya relevan membuat hidup kita jadi lebih berkualitas. Si pria ada benarnya, reaksinya (insya Allah) bisa dihitung. Dan mungkin sebagian besar pelajar dari basis ipa mampu menghitung reaksinya secara benar. Tapi siapa di antara para penghitung ini yang mampu mengalihkan konsep di kertas ke kanvas hidup yang lebih riil. Menjadikan pengetahuannya bagian terintegrasi dengan hidupnya sebagai manusia yang utuh.

 

Mungkin teman saya yang suka coba-coba itu bisa menghitung reaksinya. Dan mungkin saja dia tidak pernah menyengaja diri berepot-repot menghitung reaksi sebelum memutuskan mencoba-coba. Tapi kenyataannya adalah dia mencoba. Dan itu nampak lebih signifikan bagi saya, ketimbang menghitung di kertas atau di awang-awang, tanpa pernah memberanikan diri membawa hitung-hitungan tadi ke dunia implementasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s