Tidak Ingin Ini…

Standard

Semalam aku tidak pulang, voice over hingga malam.

Nginep di kosan mba suko.

 

Paginya, untuk ‘pertama kalinya’ setelah sekian lama, aku tidur pulas setelah shubuh.

Hingga jam 7 pagi.

 

Aku bangun. Tapi rasanya kosong. Tidak enak.

Tidak. Rasanya berbeda.

Dan walaupun lelah, aku lebih suka asramaku.

 

Aku sempat berpikir untuk menyelesaikan tahun ini, lalu pindah ke ciputat.

Aku pikir aku akan lelah, bolak-balik macam ini hampir tiap hari.

Masih mengemban amanah ini-itu sepulang kantor.

Dan masih berhutang skripsi.

 

Tadi pagi, yang rasanya kosong itu.

Aku jadi tau. Rasanya begitu.

Punya kosan yang dekat dengan kantor memberi ruang untuk punya lebih banyak waktu tidak produktif.

 

Mungkin unuk pertama kalinya, aku merasakannya.

Tidak produktif. Sangat. Tidak menyenangkan. Ada yang hilang. Aku kehilangan.

 

Mungkin ruh.

Yang hilang itu, mungkin bernama ruh.

 

Aku memang lemah.

Sedikit naik, lalu melemah kembali.

Tapi aku mencintai sensasi naik, walau baru mampu, kucicip sekelebat.

 

Sore ini bertemu, pojok kata-kata Tuhan.

Tuhan bilang,

‘Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama, kesempitan.’ (QS. Al Hajj : 78)

One response »

  1. sungguh bahagia mengenalmu dalam sebuah kata kekaguman, menjadi sahabat dalam berbagi. menyemangati dan tak mengurui…

    Jalani apa kau anggap terbaik dalam hidupmu kak.

    ingat kata-katamu kemarin?

    “Allah akan mengantikan dengan yang lebih baik walaupun dengan sedikit menunda keinginan kita”

    ini jalanmu, tapaki dan nikmati semua yang telah digariskan Allah.

    Bersyukur, maka akan Aku tambah. begitu bukan janji Allah pada kita?

    _anis_

Leave a Reply

