Orang-Orang di Perjalanan Waktu

Standard

Kita bertemu

Di suatu saat, di suatu tempat,

Kita berpisah

Di saat yang lain

Untuk tak pernah tau ada apa di depan

Berjalan. Menapak dan terus menapak

Meninggalkan sebagian, menemui sebagian

 

Sebagian kalian terlupakan bersama guliran masa

Aku tak menemukan rindu terekam di memoriku

Mungkin karena saat kita bertemu aku masih teramat kecil untuk mengerti

Bahwa takdir kita tidak pernah main-main terjadi

 

Sebagian kalian mengendap dalam kenangan

Tidak pernah hilang

Karena kita telah menyatu, masing-masing menjadi sosok yang baru

Kita telah (saling) belajar

Mengeja jejak, menelusur hikmah di balik masing-masing sosok

Tak kan mati. Karena kalian hidup bersama aku.

 

Sebagian lagi tetap di sini entah sampai kapan

Tak taulah entah, dengan rela atau terpaksa

 

Orang-orang datang dan pergi

Selalu begitu. Sama saja setiap hari.

Hanya bekasnya yang beda.

 

Sebagian mereka datang dalam hidupku

Mengajarkan satu dua ejaan baru

Lalu pergi

Tanpa bersalaman lebih dulu

 

Kau, termasuk di situ

Pergi, setelah beberapa hari sebelumnya membagi banyak hal denganku

Singkat. Padat. Dan jelas sekali kau pergi sore itu

 

Aku tidak merutukimu. Itu hakmu

Aku hanya menguatkan rasa percayaku,

‘jika memang harus pergi, pasti akan pergi’

‘jika memang harus kembali, pasti akan kembali’

Aku ikut saja

Meski kepalaku masih berat memikirkanmu

Meski sebagian diriku, menyayangkan itu

Dan sebagian lagi, tetap menempatkan kau di sini, di sudut yang sama dengan yang semula kau bertempat di sana

 

Aku pernah bilang bukankah?

Aku kemari untuk melarikan diri, dari diriku sendiri

Jika ini tempat yang benar untuk berlari menuju,

Aku berdoa semoga kau akan berlari pulang kemari

 

Kita sama-sama lari

Dengan alasan, dengan jalan,dengan tujuan yang tidak harus sepakat

Tapi kita sama-sama lari

Kemari.

Mencari. Apa yang kita cari.

 

Dan kau pergi. Padahal baru bertemu kemarin pagi.

Mungkin memang harus begini.

Mungkin juga tidak. Ini belum selesai, bisa jadi.

 

Aku masih menunggu, malam-malam kau membagi dirimu denganku

Membagi semua lelah kisahmu

Menempatkanku bertahun lebih tua dari usiaku

Kita duduk dan berdiri di bawah malam

Mendengarkan kisah paling gelap, yang tak sempurna kita bagi dengan orang-orang

 

Dan kau pergi

Dan aku tak melepasmu

Dan aku berharap kau kembali

Menyelesaikan pencarian kita sama-sama di sini

 

Manusia bisa jatuh, dan bangkit selamanya adalah pilihan

Manusia bisa kalah, tapi manusia sejati tidak menyerah pada keadaan sepanjang nafasnya adalah benar

Dan aku menantikan kau kembali

Menegaskan tidak ada yang salah dengan kita

 

Jika saja tak ada misi di balik cerita kita di sini

Jika saja tujuan kita sependek datang, duduk, dan pergi

Pergi saja. Aku ingin melepasmu dengan senyum dan bilang,

‘jalan hidup itu pilihan’

 

Tapi takdir kita membebat

Hingga kaki terbelit dan kita ‘jatuh’ kemari

Dan itu bukan kita yang pilih

Kita ‘diarahkan’ untuk memilih

Rencana terbaik yang tak mampu kita baca sempurna

Karena terlalu remehnya kita di depan bentang sempurna cerita versiNya

 

Kembali saja, setelah pikiranmu tenang dari badai

Kembalilah nanti, karena misi kita belum selesai

 

Di sini, di tempat kau dan aku bersama-sama hingga pagi yang lalu,

Ada yang lebih besar dari sekadar memasukkan huruf ke kepala

Kita bilang pada Tuhan, ‘kita ingin lari’

‘kita butuh diselamatkan’

Jika kemudian Dia bawa kita kemari

Tidakkah tidak sepantasnya kita menarik diri sebelum Dia sendiri yang menarik kita dari sini?

 

Harus meluaskan hati

Membuatnya lapang sampai langit pun kalah lapang

 

Harus melembutkan sangka

Sampai mampu menepis tiap bisik hati yang hina

 

Harus menukar lelah dengan sabar

Sampai tak lagi ada hari kecuali tawa dan tangis meleleh sama-sama

 

Pulanglah. Karena pelajaran kita belum selesai.

 

Ciputat, 16 desember 2012

Tentang ‘Aisyah Rina

One response »

Leave a Reply

