Surat untuk Berbincang

Standard

Kali ini tidak ada judgement. Tidak ada ajakan eksplisit. Tidak ada guyonan. Tidak panjang-panjang. Hanya segelintir opini dan secuil pertanyaan. Serta secarik surat dari Tuhan…

Berbincang adalah bagian dari seni, itu menurut saya. Berbincang adalah kebutuhan bagi banyak sekali manusia. Berbincang adalah bertukar, menyampaikan, melonggarkan hati dan pikiran. Berbincang adalah menceritakan isi hati dan isi kepala. Berbincang adalah untuk mendekatkan. Berbincang juga dapat merekatkan. Apa sajalah, tafsirkan saja sendiri.

Punya teman? Bagaimana rasanya berbincang dengan teman?

Punya kekasih? Bagaimana rasanya berbincang dengan yang dikasihi?

Punya orang yang diandalkan? Bagaimana rasanya jika mengadu pada orang yang selalu bisa diandalkan di saat kita membutuhkan, butuh perhatian, butuh teman untuk berbincang,  butuh telinga untuk mendengar, butuh suara untuk menyahut dan mengurai simpul kegelisahan, butuh kehadiran untuk menyatakan bahwa kita tidak sendiri.

Punya Tuhan? Bagaimana rasanya berbincang dengan Tuhan?

 

“Allah berfirman, ‘Aku membagi bacaan Al Faatihah menjadi dua : untukKu dan untuk hambaKu dan hambaKu akan mendapatkan apa yang diminta. Jika ia membaca ‘alhamdulillahi rabbil ‘alamiin,’ Allah berfirman, ‘hambaKu telah memujiku.’  Jika ia membaca ‘ar rahmaanirrahiim,’ Allah berfirman, ‘hambaKu menyanjungKu.’ Jika ia membaca, ‘maalikiyaumiddiin,’  Allah berfirman, ‘hambaKu telah mengagungkanKu dan menyerahkan dirinya kepadaKu.’ Jika ia membaca, ‘iyyaka na’budu waiyyaka nasta’in,’ Allah berfirman, ‘inilah batas antara diriKu dan hambaKu dan ia akan memperoleh apa yang dimintanya.’ Jika ia membaca, ‘ihdinash shiraatal mustaqiim…..waladhdhaaalliin,’ Allah berfirman, ‘inilah bagian hambaKu dan ia akan memperoleh apa yang dimintanya.'”

 

Referensi : Sabiq, sayyid. 2010. Fiqih Sunnah Sayyid Sabiq Jilid I. Jakarta : Al I’tishom. Hal. 393.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s