Memandang dari Sudut yang Berbeda

Standard

sedang semangat!

semangat skripsi semangat!!!

senang, akhirnya Allah membimbing saya untuk memandang dengan lebih positif. lebih dari seminggu yang lalu, perspektif saya terkait skripsi tidaklah lebih positif dari sekadar cucian kotor, menumpuk, menanti dicuci, dan itupun bertambah seiring banyaknya pakaian yang mesti dikenakan harian.

ini bahasan lama. sebagian orang mengerjakan skripsi layaknya membina rumah tangga. seorang menganggap skripsi seolah istri dan menjadikan pembimbing layaknya ibu mertua. seorang lagi menganggapnya sebagai anak, yang harus dibina sedemikian rupa dengan sabar dan kerja keras, menanti suatu hari nanti anak ini akan membuatnya bangga.

bagi seorang lagi, dahulu skripsi itu menyebalkan tapi sekarang baginya menyenangkan. ‘suatu hal yang membutuhkan konsistensi’. sejalan dengan yang terakhir, di tengah perjalanan saya menganggap skripsi itu cuciann kotor. beberapa hari yang lalu berkunjung ke blognya Rinaldi Camil, melihat sebaris kalimat bertuliskan skripsi itu hobi. entah kenapa kenyataan belakangan mengajak saya sepakat dengan term terakhir itu.

selamanya skripsi adalah skripsi. ada tuntutan, ada harapan, ada janji, ada konsistensi, ada pengorbanan, ada ketekunan, ada panggilan, ada niat, dan ada pilihan. memandang dari sudut mana adalah bagian dari pilihan. kalau ada pilihan untuk memandang sisi indah ilalang, kenapa mesti meributkan tempat tumbuhnya yang di pinggir jalan. sepakat dengan inal, menggeser sudut pandang menjadi lebih positif insya Allah akan menyuntikkan semangat untuk menjalaninya dengan lebih positif.

semangat anggun! semangat juga teman-temannya anggun!! semangat skripsi, skripsi semangaat!!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s