Seperti kamu, dan banyak orang lainnya, aku menyimpan banyak hal.

Standard

aku hanya bicara jika hatiku bilang bicara. terutama untuk banyak masalah yang menjegal langkah-langkahku. itu karena aku percaya. aku berteman karena aku percaya. aku berbagi jga karena aku percaya. itu aku. aku seperti itu jika pembicaraan ini terkait aku.

bagaimana denganmu?
kau membagi banyak yang kami tidak tau dengan orang tertentu.
kau bilang tidak ingin orang lain tau.
lantas kenapa kau menyebut-nyebut ‘itu rahasia’ di depan semua?
apa kau ingin kami jadi ingin tau?
tidak. aku menghormati orang lain berikut pemikiran, perasaan, dan pilihannya.
jika kau bilang kau tidak ingin kami tau aku tidak akan mencari tau.
tau lebih banyak pun tidak membuatku bertambah bangga.
untuk apa? aku hanya ingin tau sebatas hal2 yang aku butuh tau.
aku tidak tertarik dengan urusanmu.
apalagi kalau kau sendiri tidak tertarik melibatkanku di dalamnya.

aku, seperti juga kau dan yang lainnya
sadar atau tidak menarik diri ke titik eksklusif.
memberi batas untuk satu dan lain hal
memandang dengan beragam gaya meski kita melihat objek yang sama
kau seperti itu.
mereka pun seperti apa adanya, meski kadang orang suka menutup2 dan berdusta.
tapi aku adalah aku.

apa aku misterius?
kurasa tidak. sangat mudah menafsirkan polaku.
aku selalu berupaya jujur.
karenanya aku enggan berpayah2 menutup2i perasaan, pemikiran, dan pilihanku
tapi juga tidak merasa penting untuk mengumbarnya.
karena aku tidak butuh justifikasi orang di luar sana.
untuk beberapa hal semua orang bisa membutuhkan justifikasi itu.
tapi untuk hal yang banyak berkaitan dengan aku sebagai aku dan peran2 yang mesti kumainkan di arena takdir ini, yang paling aku yakini adalah pandanganku.

aku bertanya dan mendengar banyak hal
aku berterimakasih untuk itu
sayangnya aku tidak selalu berjalan di garis yang sama dengan kalian
menerima mentah apa yang kalian bilang
aku memang bertanya, untuk mencari jawaban.
tapi bukan kumpulan jawaban orang.
tapi jawabanku sendiri atas pertanyaan2 ini.
dan percayalah, apa yang kalian ajarkan berkontribusi besar membantu aku merumuskan jawabanku sendiri
atas pertanyaan yang juga aku lontar sendiri.

katakan saja apapun
sepanjang aku yakin akan apa yang aku jalankan
aku yang menentukan
jikapun pada akhirnya aku berjalan searah denganmu
itu karena aku memilih demikian
bukan karena kau memintaku demikian

Leave a Reply

