Antara Aku dan Danau Ini

Standard

Hey kamu!
Taukah kamu!
Aku sekarang suka sekali
Berdiri di bawah angin
Menatap danau yang tenang

Ternyata aku suka sensasi kedamaian
Lebih dari hiruk pikuk suasana yang gemintang kelihatan

Aku tak bisa melihat angin
Aku hanya bisa menyaksikan dedaunan yang melambai tertiup olehnya
Juga muka danau yang tampak bergelombang
Dibelai2 olehnya
Dan itu cukup bagiku

Tak melihat juga tak masalah
Toh aku merasakannya

Banyak suara di antara aku dan danau ini
Konstruksi perpus, orang lalu lalang
Roda sepeda yang berkelebatan
Banyak laku yang terbentang antara aku dan danau ini
Tapi itulah
Aku menikmati hiruk pikuk ini dalam heningku
Tidak terganggu
Tidak pula terpaku

Jadi mengingat-ingat
Kapan pertama kali aku jumpa dengan kamu
Wahai danau

Dulu, dulu sekali waktu itu aku masih maba
Dan sibuk dengan ketidaktahuan dan bingungnya aku kala itu
Sampai2 tidak terpikir untuk menyapa kamu
Wahai danau

Sampaikah aku ke latar ini dahulu?
Ingatku tidak
Jadi penasaran
Kapan pertama kali aku menjajali setapak di sampingmu ini
Antara kau dan science park ini
Kapan?
Bahkan aku saja lupa
Dulu science park ini apa ya…

Mungkin nanti
Bertahun2 dari sekarang
Aku juga akan lupa
Dahulu perpustakaan pusat ini tempat apa

Ah kutulis saja biar nanti bisa kubaca lagi
Dahulu perpustakaan pusat ini paving block yang lapang
Tempat parkir
Jalan sepeda
Rumput2
Dan pohon2
Tempat dulu kami pernah apel siaga
Ckckckckckckckckckckck!

Sayang
Aku tidak punya cukup listrik lagi untuk bertahan
Le pheeto harus istirahat
Dengar aku kah kamu wahai danau
Sampaikanlah semilir itu ke tempat kami
Barangkali kau cukup tergoda menemani aku dan le phee-
Untuk berjibaku
Menantang hari2 kami
Mencairkan ilmu yang masih beku

Wahai danau
Maukah kau semangati aku
Biar damaimu kubawa dalam sayup senandungku

Leave a Reply

