Kusudahi dari sekarang…

Standard

Banyak ranting pohon nasib yang belum kita amati
Mungkin lebih tepatnya akan segera kita lihat
Biarlah jalan manapun terbentang dan atau tiba2 terhampar di hadap kita
Silakan saja
Karena akhirnya, aku tau aku siap

Satu momen segera saja lewat
Hari ini masih jelas kita mengingat2 saat2 badai menerjang
Dari yang paling biasa hingga yang paling berbahaya
Sudah. Sudah kita pelajari situasinya

Aku jadi demikian silau pada tepian tempat kita dahulu
Senang sekali menyambanginya selepas hujan
Tapi sudah, sudah dan atau segera lewat

Karena bisa saja, pilihan yang Tuhan bentangkan nanti
Tak memberiku jalan kembali ke sana sama sering seperti sekarang
Entahlah jalan mana
Jalan manapun aku sudah siap
Insya Allah

Sudah, sudah kututup
Lagu yang hanyut bersama waktu
Menemani kita bekerja sepenuh jiwa
Meski rapuh biar saja
Itulah kita, jiwa kita, yang paling jujur dari yang mungkin kita ungkap

Sudah, sudah kuabadikan lagi kedamaian latar istana Science Park selepas hujan
Dan sudah pula kumasukkan dalam memori si silver
Satu potret margonda kala sore
Yang kuambil dari tengah pembatas jalur dua arah antara Kapuk dan Gundar
Anggap saja ialah penanda
Bahwa jalan di depan masih demikian panjang dan tak gamblang

Kalau bahasanya Mario,
Hidupku telah kembali normal

Sudah, sudah aku tutup haru biru itu
Toh aku memang terlahir kuat
Sesekali saja kurva ku turun hingga titik paling mellow
Atau sebenarnya keduanya beriringan
Tapi kalian boleh saksikan
Mana saja yang aku tampakkan

Dan segala sesuatu akan kembali normal
Lalu bergolak, lalu normal, lalu bergolak, lalu normal
Berlangsung terus, jujur saja tiada kutahu akan sampai di mana

Dan hidup kita akan kembali seperti sedia kala
Lalu akan datang hari2 baru dengan warna cerah, gelap, hitam, putih, abu
Berganti bisa juga berpadu

Dan akan datang jiwa, sosok-sosok baru
Kejadian yang mirip, de javu, atau sama sekali baru
Tanah yang baru tanpa danau dan balairung
Bising kendaraan menguak lamunan akan embun, kabut, dan rumput

Biar aku bilang dari sekarang
Aku menyudahi ‘packing’ kisah ini
Biarlah ia kutempatkan sama istimewa dengan ingatanku akan wajah-wajah sebelum kalian
Biarlah ia kuendapkan bersama kenangan akan ribuan jalan dan peristiwa
Yang kutemui sebelum aku berjalan
Bersisian dengan kalian

Karena setelah hari ini, mungkin kita akan jarang sekali bertemu
Jikapun ia, mungkin sulit bagi kita untuk mengobrol panjang seperti dulu
Jikapun ingat, seberapa besar ia menghabiskan porsi konsen dan pikiran
Karena memang begitu, diakui atau tidak
Pelan-pelan ini pasti lewat

Dan apapun nantinya
Memang harus kita hadapi

Kalian akan tetap
Tetap menjadi bagian indah dalam perjalananku
Yang kita lalui akan tetap
Meninggalkan bekas demikian dalam
Pada jiwaku yang kekanakan dan pikiranku yang dangkal

Tapi biar ku bilang dari sekarang

Jika suatu nanti kita bertemu
Dan aku tak melihat kalian padahal kita berpapasan
Mungkin kala itu pikiranku sedang menerawang
Menengahi badai lain yang juga papas denganku di garis nasib

Jika suatu nanti kita bertemu
Dan aku tak punya bahan mengobrol dengan kalian
Ingatkan saja aku pada peti ingatku akan pagi, siang, petang, dan malam
Yang kita pahat, kita ukir, hingga demikian megah dan membanggakan

Jika suatu nanti kita bertemu
Aku telah lupa nama engkau siapa
Sungguh bukanlah aku berubah sombong
Hanya mungkin aku banyak teringat yang lain

Jika suatu nanti kita bertemu
Dan aku berpaling
Ketahuilah mungkin saja aku malu
Mengingat betapa bodoh dan labilnya aku dahulu
Atau jangan2 bagiku kalian telah begitu menyilaukan
Aku tak minta kalian lihat aku
Aku hanya minta maaf, karena aku tak melihat kalian
————————————————————————————
Bukan untuk melupakan……………
Tapi menjaga kalian tetap aman dalam kenangan…….
Karena raga, pikiran, dan hati kita
Jujurlah………..
Tidak akan selamanya bersama.

Leave a Reply

