oret2an….

Standard

Tidaklah mudah
Sekali saja patah, untuk pulih terkadang tidaklah mudah
Ini nyata, ketika aku terluka
Lantas aku melukai
Kemudian sadar bahwa aku telah melukai sekaligus di/terlukai
Mengulang halaman lalu bukan perkara ringan

Aku bisa tersenyum biasa
Bisa saja menyiratkan bahagia
Tapi luka tetaplah luka
Yang membutuhkan waktu untuk sembuh

Pelan, kadang lama
Tergantung berapa dalam ia

Jikasaja yang tertoreh adalah hati
Maka senyum, tawa, canda, kata-kata itu biasa
Meluncur, tapi hampa
Karena bersamanya tak ada jiwa

Hemmmphhh… bodoh itu suka menjalar tanpa bilang
Karena kebodohan seringkali menyenangkan
Tentu. Menyenangkan dan bodoh
Pagar neraka yang saling kompak kan…

Kenapa membuka diri demikian jauh
Pada banyak mata
Tak taukah engkau diriku?
Mata-mata itu bisa menembusmu

Kenapa menampung begitu banyak ungkap gelisah
Hati demi hati yang kau temui di jalan-jalan itu
Hingga tercipta lingkaran aneh
Yang menjadi makin aneh kalau dipaksa menamainya

Ujian hidup = ujian kuliah, iyakah?
Kita mahasiswa
Yang memilih mau lulus atau tidak dari satu dan lain mata uji
Memilih? Tentu memilih
Karena usaha itu tercipta didahului pilihan

Kenapa begitu mudah meminta
Kenapa begitu mudah menertawakan
Kenapa begitu mudah menilai
Kenapa begitu mudah melukai

Benarkah aku tercipta lebih sempurna dari saudara?
Hingga berhak meminta lebih dan mengharap sempurna

Benarkah aku demikian tulusnya?
Hingga layak berharap tidak pernah dilukai

Benarkah aku yang paling benar?
Sampai-sampai tak kuterima satu dua perbuatan salah

Benarkah benar itu yang paling penting
Bukankah aku berhutang banyak pada kesalahan?
Aku kenal sebuahnada bernama tepat
Mana yang yang lebih benar
Benar dengan tepat
Mana yang lebih tepat
Tepat atau benar
Jawab.

Leave a Reply

